Uncategorized

Pasca Operasi Caesar Boleh Jongkok, BAHAYAKAH ?

Operai Caesar bagi seorang Ibu saat ini adalah plihan yang banyak diambil ketika melahirkan anak. Hal tersebut menuntut Bunda untuk lebih paham beberapa hal seputar operasi caesar. Diantaranya yang cukup menjadi pertanyaan adalah gerakan apa saja yang boleh dilakukan. Semisal ketika BAB Pasca operasi caesar dengan jongkok, Bahayakah ? mengingat jongkok bisa jadi membuat tekanan pada perut yang terdapat luka bekas operasi caesar. Pertanyaan tentang pasca operasi caesar boleh jongkok atau tidak cukup sering ditanyakan seoarang bunda kepada dokter. Wajar saja karena gerakan ini memang membuat nyeri dibagian luka operasi caesar bunda.

Biasanya selama 3-4 hari pasien melahirkan caesar akan menginap dirumah sakit untuk pemulihan kritis awal. setelah itu luka akan mengering dalam waktu 4-6 minggu . Dalam rentang waktu ini bunda sebaiknya menghindari gerakan-gerakan berat yang bisa menimbulkan konstraksi pada otot perut secara berlebihan. terkait jongkok pasca operasi caesar ada beberapa pendapat yang sebagian besar membolehkan gerakan ini.

Berikut Penjelasan Pasca Operasi Caesar boleh jongkok :

  1. Jongkok Pasca operasi caesar untuk BAB , boleh dilakukan dengan catatan setelah masa 1 minggu setelah operasi, dengan catatan nyeri yag muncul ketika jongkok tidak terlalu sakit. Bila ada alternatif lain semisal WC duduk , sebaiknya menggunakan WC jenis itu. Untuk menghindari hal-hal sekecil mungkin gangguan penyembuhan pasca operasi caesar.
  2. Jongkok ketika awal pasca operasi boleh dilakukan manakala tidak ada keluhan lain yang muncul. Semisal infeksi pada luka terjadi. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang menangani Bunda.
  3. Gerakan jongkok sebaiknya dilakukan dengan tidak tergesa-gesa (gerak secara pelan), usahakan menggunakan alat bandu untuk tangan berpegang, sehingga ketika jongkok ada penyangga tangan yang memastikan gerakan tidak tiba-tiba.

 

pasca operasi caesar cepat kering(1)

Pasca Operasi Caesar Boleh Jongkok Dengan Latihan & Bantuan Kursi

Latihan jongkok pasca operasi caesar bisa dilakukan dengan gerakan yang sederhana. Bisa dilakukan dengan bantuan kursi dibelakangnya untuk mengurangi resiko cidera terduduk. Caranya sebagai berikut :

1. Berdiri tegak dengan tangan membentang kedepan, siapkan kursi dibelakangnya untuk jaga-jaga bila tidak kuat atau terduduk. Sebaiknya bila luka caesar masih terasa nyeri ada baiknya didampingi satu orang untuk membantu latihan jongkok pasca operasi caesar ini.

Latihan Jongkok Pasca Operasi Caesar (gerakan 1)
Latihan Jongkok Pasca Operasi Caesar boleh jongkok (gerakan 1)

2. Gerakan pinggul turun kebawah seperti akan jongkok secara perlahan. Dekatkan pantat dengan kursi (sampai menyentuh kursi) , namun jangan sampai terduduk. Tahan selama 3-5 detik posisi tersebutdengan mengatur nafas agar kuat.

 jongkok pasca operasi caesar
Cara Latihan jongkok pasca operasi caesar boleh jongkok (gerakan 2)

3. Setelah menahan posisi 2 selama 3 detik kembali ke posisi no.1 dengan berdiri tegak tangan didepan. lakukan gerakan sederhana ini setiap hari sebanyak 5 -10 kali. gerakan ini akan membiasakan otot pada perut dan luka operasi untuk lentur secara alami. Dengan latihan jongkok pasca operasi caesar ini dilakukan diharapkan terhindar dari resiko berlebihan bila badan melakukan gerakan tiba-tiba yang spontan.

jongkok pasca operasi caesar
cara latihan jongkok pasca operasi caesar boleh jongkok (gerakan 3)

Cek video lengkap gerakan diatas

 

Latihan Lain Gerakan Pasca operasi Caesar

untuk menguatkan kelenturan tubuh pasca operasi caear bisa juga dilakukan , Diantaranya adalah gerakan sebagai berikut:

A. RENTANG GERAK DALAM MOBILISASI PASCA OPERASI CAESAR
Menurut Carpenito (2000) dalam mobilisasi terdapat tiga rentang gerak yaitu :
1. Rentang gerak pasif
Rentang gerak pasif ini berguna untuk menjaga kelenturan otot-otot dan persendian dengan menggerakkan otot orang lain secara pasif misalnya perawat mengangkat dan menggerakkan kaki pasien
2. Rentang gerak aktif
Hal ini untuk melatih kelenturan dan kekuatan otot serta sendi dengan cara menggunakan otot-ototnya secara aktif misalnya berbaring pasien menggerakkan kakinya.
3. Rentang gerak fungsional
Berguna untuk memperkuat otot-otot dan sendi dengan melakukan aktifitas yang diperlukan.

B. TAHAP-TAHAP MOBILISASI DINI PASCA OPERASI CAESAR
mobilisasi dini dilakukan secara bertahap (Kasdu,2003)
Tahap- tahap mobilisasi dini pada ibu post operasi seksio sesarea :
1. 6 jam pertama ibu post SC
Istirahat tirah baring, mobilisasi dini yang bisa dilakukan adalah menggerakkan lengan, tangan, menggerakkan ujung jari kaki dan memutar pergelangan kaki, mengangkat tumit, menegangkan otot betis serta menekuk dan menggeser kaki
2. 6-10 jam,
ibu diharuskan untuk dapat miring kekiri dan kekanan mencegah trombosis dan trombo emboli
3. Setelah 24 jam ibu dianjurkan untuk dapat mulai belajar untuk duduk
4. Setelah ibu dapat duduk, dianjurkan ibu belajar berjalan

Advertising

kapsul-kutuk-premium

kapsul kutuk premium KLIK

C. PELAKSANAAN MOBILISASI DINI PASCA OPERASI CAESAR

Pasca Operasi Caesar Boleh Jongkok
1. Hari ke 1 :
a. Berbaring miring ke kanan dan ke kiri yang dapat dimulai sejak 6-10 jam setelah penderita / ibu sadar
b. Latihan pernafasan dapat dilakukan ibu sambil tidur terlentang sedini mungkin setelah sadar.
2. Hari ke 2 :
a. Ibu dapat duduk 5 menit dan minta untuk bernafas dalam-dalam lalu menghembuskannya disertai batuk- batuk kecil yang gunanya untuk melonggarkan pernafasan dan sekaligus menumbuhkan kepercayaan pada diri ibu/penderita bahwa ia mulai pulih.
b. Kemudian posisi tidur terlentang dirubah menjadi setengah duduk
c. Selanjutnya secara berturut-turut, hari demi hari penderita/ibu yang sudah melahirkan dianjurkanbelajar duduk selama sehari,
3. hari ke 3 sampai 5
1) belajar berjalan kemudian berjalan sendiri pada hari setelah operasi.
2) Mobilisasi secara teratur dan bertahap serta diikuti dengan istirahat dapat membantu penyembuhan ibu.

Bila tahapan latihan diatas dilakukan maka tentu saja bunda Pasca Operasi Caesar Boleh Jongkok. Dan gerakan apapun bisa dilakukan dan tidak menjadi halangan untuk beraktifitas.

4 thoughts on “Pasca Operasi Caesar Boleh Jongkok, BAHAYAKAH ?

    1. Jongkok pasca operasi caesar seringkali tidak bisa dihindari Bund, memang sebaiknya jangan keseringan. makanya artikel ini menjelaskan latihan jongkok pasca caesar. semoga bermanfaat

      salam sehat
      pascaoperasicaesar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *