Merawat Luka Operasi Caesar / Operasi Caesar Serba-Serbi

CEPAT SEMBUH PASCA OPERASI CAESAR DENGAN SOP IKAN GABUS, PENGALAMAN SAYA :)

CEPAT SEMBUH PASCA OPERASI CAESAR DENGAN SOP IKAN GABUS

Sop ikan kutuk untuk pasca operasi caesar
Sop ikan kutuk untuk pasca operasi caesar

Hallo Bunda saya mau cerita lagi tentang pengalaman pribadi saya Tentang Penyembuhan Pasca Operasi Caesar. Bunda tau lah… kadang kalo kita hamil seringkali yang terbayang dalam benak kita adalah ketakutan saat melahirkan. Apalagi dalam kasus saya adalah pada saat itu mengandung anak ke tiga, rasanya cukup deg-degan juga. Kenapa begitu , banyak sudara dan tetangga yang bilang lahiran anak ketiga berbeda ¬†dengan anak ke satu dan kedua. Konon katanya lebih sakit dan lebih beresiko. Tentu saja dalam melahirkan pilihannya ada dua yaitu melahirkan normal ataukah melahirkan dengan cara operasi caesar. Cerita tentang anak ketiga memang bikin saya nervous, semacam menjadi sesuatu yang membayang-bayangi. Bunda perlu tau anak saya yang pertama dan kedua lahir normal jadi saya punya pengalaman lahiran normal. So… ya agak takut sih tapi bisa diatasi.

Saya mendengan cerita tentang “specialnya” lahiran anak ketiga lebih dari 4 sumber dan itu bukan hanya cerita, tetapi dari orang yang telah mengalaminya… Nah loh… gimana gak bikin tambah khawatir. Mungkin ini awal mula mengapa anak ketiga akhirnya saya pilih melahirkan secara Caesar. Jadi buat Bunda-bunda yang sedang mengandung anak ketiga menurut saya, ada baiknya jangan terlalu mendengarkan cerita tentang “specialnya” melahirkan anak ketiga. Mengalir saja dan tentu saja berserah diri kepada Tuhan menurut saya jalan terbaik untuk melalui persalinan dengan lancar dan baik.

MEMILIH MELAHIRKAN CAESAR

‚Äč

sembuh-pasca-melahirkan caesar
Cepat sembuh-pasca-melahirkan caesar

 

Dari sedikit cerita saya diatas, faktor kekhawatiran memang sangat berpengaruh besaryang menyebabkan anak ketiga saya lahir caesar. Jadi ketika saat-saat mulai bukaan 3 rasa gelisah saya semakin menjadi. Dan entah mengapa saya menjadi tidak optimis untuk mampu melahirkan secara normal. Akhirnya karena suami juga tidak mau mengambil resiko berlebihan , melalui pertimbangan dokter langganan juga akhirnya opsi melahirkan Operasi caesar saya jalani. Ini pengalaman pertama saya dan mudah-mudahan yang terakhir. Karena ngurusin 3 anak lucu-lucu yang masih kecil-kecil rempong banget kan Bu ūüôā . Sudah 3 anak sudah sangat cukup dan bikin rumah saya yang kecil menjadi rame bin berantakan he..he..he…

Pasca operasi caesar ketika biusnya mulai habis mulai terasa rsa sakit dibekas jaitan menjalar. Rasa pusing dan mual dikepala juga cukup lumayan juga ketika itu. Memang saya agak spesial kata dokter. Rasa nyerinya sulit hilang… meski akhirnya ya hilang juga sih.

Nah ini pokok pengalaman saya terkait pasca operasi caesar, jadi setelah 1 minggu saya menggunakan obat anti keloid yang direkomendasikan oleh dokter. Namun entah mengapa justru luka operasi caesar tersebut mengeluarkan cairan putih dan kadang-kadang keluar darah juga. kemudian saya berkonsultasi lagi. Menurut dokter tubuh saya kekurangan Albumin, satu jenis protein yang berfungsi meningkatkan pertumbuhan sel-sel yang rusak. Protein albumin ini sangat baik untuk mempercepat penyembuhan pasca operasi caesar.

 

pasca operasi caesar cepat kering(1)

Dokter menyarankannya untuk makan telor 3 butir sehari untuk meningkatkan kadar albuminnya. menurut dokter yang satu lagi nutrisi juga harus seimbang jadi tidak hnaya albumin yang dinaikan tetapi juga kadar nutrisi lain yang ada dalam berbagai makanan. Saya kemudian baca-baca dapatlah beberapa kesimpulan ini agar luka pasca operasi caesar cepat sembuh. berikut yang saya simpulkan :

1. Menjaga asupan nutrisi yang seimbang

Pastikan selalu ada makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, protein dan makanan berkalori tinggi dalam menu Bunda.

Jangan percaya mitos jaman dahulu bahwa telur, ayam, seafood membuat luka operasi menjadi gatal dan tidak cepat kering. Menurut dr. Samodra, asam amino dari protein sangat membantu penyembuhan luka pasca operasi caesar.

2. Jaga luka operasi caesar dalam keadaan kering, bersih dan steril

Saat ini teknik pengobatan pasca operasi caesar sudah lebih canggih. Dulu kita perlu mengganti perban luka sehari dua kali. Tetapi saat ini hal tersebut sudah tidak perlu dilakukan lagi.

Saat pulang dari rumah sakit, luka operasi caesar akan di tutup dengan plester anti air. Bunda bebas beraktivitas seperti biasa sampai dengan 7 hari ke depan untuk melakukan kontrol ke dokter kandungan. Tetapi selama 7 hari tersebut bunda juga harus tetap memastikan bahwa plester tersebut menutup luka operasi dengan sempurna.

Saat plester telah dibuka, jaga kebersihan luka dengan cairan antiseptik atau salep yang di resepkan dokter.

3. Tetap beraktivitas/olah raga ringan

Luka operasi caesar pada awalnya memang agak sakit. Tetapi berbaring saja di tempat tidur tidak akan membuat luka lebih cepat membaik. Semakin cepat Bunda mengawali beraktivitas kembali, semakin berkurang rasa nyeri yang dirasakan.

Setelah infus dilepas, mulailah belajar duduk, berdiri dan berjalan. Gerakan tubuh akan membuat sirkulasi darah lebih lancar dan mempercepat proses penyembuhan. Bagian di sekitar bekas operasi pun jadi tidak terasa kaku.

Olah raga yang bisa di lakukan adalah jalan santai dan senam ringan

4. Cukup minum air putih

Mitos harus mengurangi minum air setelah caesar adalah tidak benar. Justru Bunda disarankan untuk minum air yang banyak, minimal 8 gelas sehari. Tujuannya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang serta memperlancar produksi ASI.

5. Gunakan pakaian yang nyaman dan longgar

Selama masa pemulihan setelah menjalani operasi caesar, gunakan pakaian yang nyaman dan longgar. Hal berguna untuk menghindari iritasi karena adanya tekanan maupun gesekan dengan pakaian karena terlalu ketat.

Bunda, Semoga luka operasi caesar bunda cepat kering.

RESEP TRADISIONAL SOP IKAN GABUS , MERAGUKAN TAPI MANJUR UNTUK LUKA CAESAR

 

Dari kelima tips itu ada satu Tips lagi yang untuk saya tidak begitu sering mendengar tetapi ternyata cukup manjur. Jadi pada minggu ke dua setelah saya pakai anti koloid dan menyebabkan keluar cairan putih dari luka. Kaka dari Ibu saya membawakan masakan berupa sop ikan. Saya tanya BudeKok bawa masakan segala ,,ngerepotin aja… kemudian dia bilang ini Sop Ikan Gabus atau ada juga yang menyebut ikan kutuk. Bude saya ini memasaknya seperti sop ikan gurame dengan kuah bening dengan daun bawang segar dan tomat rasanya segar sekali.

Dia bilang Sop ini dapat mempercepat penyembuhan luka operasi caesar. Saya sih gak begitu percaya, lawong pake obat aja juga kadang lama ini pake jurus Sop Ikan ha..ha..ha… Doesn,t make sense. Tapi karena masakan bude saya itu enak ya… gak ada ruginya juga dimakan sampe abis. Nah Bude saya ini bawain sop ikan gabus seminggu hampir rutin 3 kali dan dia akan senewen kalo saya gak ngabisin itu Sop… pokoknya ini harus habis, di bilang gitu. Well … awal sih enak tapi kalo seminggu 3 kali ya bosen juga Bude… Tapi sudahlah ngikut sama orang tua aja deh. Nah pada minggu kelima luka operasi caesar saya mengalami kemajuan yang cukup baik. cairan putihnya udah berhenti banget dan luka nya berangsur-angsur membaik.Nah dari situ kemudian saya mulai agak ngasih perhatian sama “Sop Ajaib Ikan kutuk” ramuan Bude saya itu.

Dari hasil baca-baca- ternyata Ikan gabus mengandung albumin yang tinggi, jauh lebih banyak dari albumin yang ada dalam telor . Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng (20,0%), ikan mas (16,0%), ikan kakap (20,0%), maupun ikan sarden (21,1%). Prof. Nurpudji dari Universitas Hasanuddin, Makassar, pemberian 2 kg ikan gabus masak setiap hari kepada pasien pasca operasi akan meningkatkan albumin mereka menjadi normal. Pemberian ekstrak ikan gabus selama 10-14 hari menunjukkan peningkatan albumin hingga 0,6 hingga 0,8 g/dl. Kandungan albumin plus mineral zinc (Zn) dalam tubuh ikan gabus yang sebesar 1,7412 mg/100 g daging inilah yang membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Per 100 gram, kadar protein telur hanya 12,8 gram, daging ayam 18,2 gram, daging sapi 18,8 gram sedangkan ikan gabus / ikan kutuk mencapai 25,2 gram. Sangat jauh terpautnya. Nilai plus ikan gabus / ikan kutuk yang lain ialah ikan ini memiliki nilai cerna yang sangat baik yakni mencapai lebih dari 90%

Oke-Oke…. I see Bude… jadi malu juga setelah baca-baca artikel ternyata resep sop ikan Gabus atau ikan kutuk bikinin Bude gue itu manjur karena memang secara ilmiah juga ikan kutuk kaya akan kandungan albumin yang baik untuk pasien pasca operasi

kapsul-kutuk-premium

kapsul kutuk premium KLIK

BAHAN & RESEP TRADISIONAL SOP IKAN GABUS / IKAN KUTUK

sop ikan kutuk untuk operasi caesar
sop ikan kutuk untuk operasi caesar

5 porsi

  1. 250 gram ikan gabus
  2. 2 lembar daun jeruk
  3. 1 butir jeruk
  4. 5 siung bawang merah
  5. 6 siung bawang putih
  6. 1 ruas asam jawa
  7. 1 ruas lengkuas
  8. 1 ruas jahe
  9. 2 ruas kunyit digeprek
  10. secukupnya Garam
  11. secukupnya Gula
  12. secukupnya Merica bubuk
  13. 3 buah tomat
  14. 2 lembar serai
  15. 5 lembar daun salam

Langkah- Langkap Memasak

  1. Potong ikan gabus dan lumuri dg garam dan air perasan jeruk
  2. Iris bumbu dan siapkan
  3. Didihkan air dan masukan bumbu
  4. Masak dan koreksi rasa
  5. Masukan ikan gabus, masak hingga matang, koreksi rasa
  6. Masak sebentar supaya ikan tidak hancur, sajikan selagi hangat

Nah gitu jadi cara masaknya. Menurut saya ini sangat layak dicoba untuk menangani penyembuhan pasca operasi caesar. Bisa untuk saudara kita tetangga yang melahirkan dengan caesar. Apalagi sekarang keyaknya perbadingan lahiran normal dan lahiran caesar itu bisa 50% : 50% jadi resep diatas saya kira cukup penting untuk di catat oelh Bunda-bunda zaman Now yang rempong tapi juga cerdas ūüôā

4 thoughts on “CEPAT SEMBUH PASCA OPERASI CAESAR DENGAN SOP IKAN GABUS, PENGALAMAN SAYA :)

  1. Pingback: Family Herbal
  2. Resepnya keren. Kebetulan aku baru aja operasi caesar. Ke giant tadi ketemu juga nih ikan gabus. Langsung tak masak kaya nih resep. Mudah2an beneran cepet kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *