Uncategorized

Berapa Lama Masa Nifas Pasca Caesar ? Kompilasi Berbagai Pendapat

Berapa Lama Masa Nifas Pasca Caesar ? Kompilasi Berbagai Pendapat

masa nifas pasca caesar
masa nifas pasca caesar

Pada saat melahirkan caesar, terkait darah nifas paling tidak ada dua kelompok yang dialami Ibu-Ibu. Yang pertama adalah rahim mengeluarkan darah kotor. Yang kedua adalah rahim mengeluarkan lendir yang tidak bercampur dengan darah. Nah seringkali Ibu-Ibu muslimah bingung berapakah masa nifas pasca caesar tersebut ? khususnya bula mengalami kejadian yang kedua, dimana rahm tidak mengeluarkan darah pasca melahirkan caesar. Berikut beberapa pendapat ulama yang kami himoun dari berbagai sumber.

 

Lama Masa Nifas Pasca Caesar Bila Rahim Tidak Mengeluarkan darah

Bagaimana saat wanita dioperasi caesar tidak ada darah nifas bagaimana hukumnya?

hukum darah setelah operasi caesar

hukum darah setelah operasi caesar (gbr, vemale.com)

Hal ini dibahas oleh Al-Lajnah Ad-Daimah, hukum bagi wanita seusai bedah Caesar, maka hukumnya sama dengan wanita yang mengalami nifas karena persalinan normal.

Yakni apabila wanita seusai melakukan caesar melihat keluarnya darah dari kemaluannya, maka ia meninggalkan shalat dan puasa sampai suci.

Namun Apabila tak melihat lagi keluarnya darah, maka ia harus mandi, shalat dan puasa seperti halnya wanita-wanita suci lainnya.

Jika wanita ragu mengenai darah nifasnya, maka Syaikh Ibnu Utsaimin menyatakan tidak ada ketentuan mengenai warna darah wanita setelah nifas, apakah merah atau kuning, atau bahkan keruh, karena jika masih keluar pada waktu 40 hari, maka tetap dihukumi darah nifas, sebelum benar-benar bersih.

Sedang darah yang keluar setelahnya, jika darah biasa tak diselingi dengan berhenti maka darah itu darah nifas, jika selainnya maka dihukumi darah istihadhah. itulah lama masa nifas pasca operasi caesar menurut Syaikh Ibnu Utsmain.

Nifas melahirkan caesar
Nifas melahirkan caesar

Lama Masa Nifas Pasca Caesar Bila Rahim Mengeluarkan Lendir Keruh

Bagaimana wanita ragu dengan cairan yang keluar karena perubahan warna, apakah nifas atau bukan?

– Juga apabila ragu dengan cairan (lendir) yang keluar saat masa nifas, karena perubahan warnanya, hingga tanda-tanda suci tak bisa dilihat dengan jelas, maka hukum cairan itu diikutkan pada ketentuan darah nifas, sehingga wanita dalam keadaan itu tidak wajib mandi sehingga terlihat keadaan suci yang jelas begitu Al Lajnah ad-Da’imah menyebutkan.

– Tidak ada batasan minimal (ayat-ayat yang menyebutkan demikian) dari wanita yang suci dari masa nifas. Syaikh Ibnu Baz mengatakan: Ada yang 10 hari setelah melahirkan, atau malah kurang dari itu, ataupun lebih dari itu, maka jika ia sudah kedapatan bersih dan suci, maka diberlakukan kepadanya ketentuan hukum wanita dalam keadaan suci.

Advertising Klik :

kapsul kutuk luka caesar
kapsul kutuk premium keringkan luka caesar

PENDAPAT UMUM MASA NIFAS PASCA CAESAR

Para ulama menjelaskan, nifas adalah darah yang keluar mengikuti kelahiran atau darah yang keluar disebabkan melahirkan. Hal itu sama saja antara melahirkan secara normal atau pun sesar. Bahkan, meskipun perempuan itu keguguran dan mengeluarkan janin yang telah berbentuk serta memiliki kepala, kaki, dan ta ngan yang biasanya setelah 80 hari ke hamil an.

Jadi, darah yang keluar itu adalah darah nifas karena hukum nifas berkaitan dengan keluarnya darah setelah melahirkan. Jumhur ulama termasuk empat imam mazhab berpendapat, jangka waktu keluarnya darah nifas paling pendek tidak ada batasnya.

Hal itu berarti jika perempuan yang habis melahirkan kemudian setelah beberapa lama melihat darahnya berhenti meskipun kurang dari 40 hari, ia telah suci dan selanjutnya wajib melaksanakan shalat dan ibadah-ibadah lain yang diwajibkan atasnya. Atau, setelah melahirkan ia tidak mengeluarkan darah maka ia berarti suci.

Ibnu Qudamah dalam al-Mughni menjelaskan, jika seorang perempuan melahirkan dan tidak mengeluarkan darah maka ia adalah suci dan tidak dalam keadaan nifas. Karena, nifas itu maksudnya adalah darah dan dalam hal ini darah itu tidak ada.

Imam Tirmizi dalam Sunan Tirmizi-nya menjelaskan bahwa para ulama dari kalangan sahabat dan tabiin serta orang-orang setelah me reka bersepakat (ijma), perempuan yang sedang nifas hendaklah meninggalkan shalat selama 40 hari kecuali kalau dia telah suci sebelum itu maka dia harus mandi dan shalat.

Adapun jika dia masih melihat darah keluar setelah 40 hari, mayoritas ulama mengatakan dia tidak boleh meninggalkan shalat setelah 40 hari. Ini adalah pendapat mayoritas fuqaha dan pendapat Sufyan al-Tsauri, Ibnu al-Mubarak, Syafii, Ahmad, dan Ishaq. Imam Tirmizi berdalilkan pada atsaryang diriwayatkan dari Ummu Salamah, “Adalah wanita yang nifas pada masa Rasulullah berdiam diri selama 40 hari.” (HR Tirmidzi dan Abu Daud).

Berdasarkan atsarini, jumhur ulama berpendapat, jangka waktu paling lama untuk keluarnya darah nifas adalah 40 hari dan darah yang ke luar setelah itu bukanlah darah nifas. Tapi, Mazhab Syafii dan Maliki berpendapat, jangka waktu paling lama untuk keluarnya darah nifas adalah 60 hari karena hal itu terjadi, di mana Rabi’ Syaikhnya Imam Malik mengatakan bahwa dia mendapati orang-orang mengatakan, selama-lamanya nifas adalah 60 hari.

Oleh karena itu, jika Anda melahirkan secara sesar dan mengeluarkan darah setelahnya maka itu adalah darah nifas. Dan, jika berhenti sebelum masa 40 hari maka berarti Anda telah suci dan wajib mandi kemudian melaksanakan shalat.

 

semoga bermanfaat

kapsul-kutuk-premium
kapsul kutuk premium KLIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *