Operasi Caesar Serba-Serbi / Uncategorized

7 Tips Cara Terbaik memperlancar ASI pasca operasi caesar

melancarkan asi pasca operasi caesar
melancarkan asi pasca operasi caesar

Semakin banyaknya Ibu-Ibu melahirkan caesar seiring waktu pula persoalan tentang memperlancar ASI Pasca operasi caesar muncul. kendala yang dialami berbeda -beda hal ini yang banyak mengkhawatirkan Ibu pasca oeprasi caesar. Apalagi bila anak pertama, tertundanya Asi Pasca Caesar membuat hati Ibu Gunda gulana. Tidak bisa dipungkiri Memperlancar asi pasca operasi caesar adalah hal penting. Karena bedah caesar adalah operasi, tentu bisa membawa beberapa tantangan bagi para ibu yang ingin menyusui. Apakah itu direncanakan atau tidak diharapkan, pengiriman pembedahan seorang anak dapat mempengaruhi pemberian ASI. Tentu saja, itu tidak berarti Anda tidak bisa atau tidak seharusnya menyusui. Tentunya mungkin untuk berhasil menyusui setelah operasi caesar.

Inilah yang perlu Bunda ketahui dan tujuh kiat untuk memeprlancar ASI setelah melahirkan caesar.

Bagaimana Tidak Lancarnya ASI pasca operasi caesar

Dengan memahami tantangan menyusui yang mungkin Bunda hadapi setelah bedah caesar, Bunda dapat mempersiapkannya dan menghadapinya dengan pengetahuan dan kepercayaan diri. Berikut ini beberapa cara bagian c dapat memengaruhi menyusui.

Ini Mungkin Menunda Dimulainya Menyusui: Tergantung pada jenis anestesi yang Bunda terima untuk operasi Bunda, Bunda dan bayi mungkin mengantuk beberapa saat setelah prosedur. Jika Bunda memiliki anestesi umum, Bunda akan dapat menyusui setelah mulai luntur dan Bunda merasa sanggup melakukannya. Dengan anestesi epidural atau spinal, Bunda mungkin dapat menyusui saat Bunda masih berada di ruang operasi atau tidak lama setelah itu di ruang pemulihan. mari kita cermati supaya memperlancar Asi pasca caesar bisa benar-benar dilakukan.

Nyeri Dapat Membuat Menyusui Tidak Nyaman: Rasa sakit dari tempat insisi dan afterpains dari rahim berkontraksi kembali ke bawah dapat membuatnya sangat tidak nyaman untuk menyusui.

Posisi berbaring dan memegang sepak bola adalah pilihan yang baik sementara sayatan Bunda menyembuhkan. Jika Bunda ingin mencoba menyusui saat Bunda sedang duduk, Bunda dapat menempatkan bantal di atas situs insisi Bunda untuk melindunginya. Mungkin sulit di awal, tetapi menyusui akan menjadi lebih mudah ketika tubuh Bunda pulih.

Emosi Pasca Operasi Caesar Dapat Mempengaruhi Menyusui: Jika operasi sangat sulit atau jika keadaan darurat yang Bunda tidak siapkan, keadaan fisik dan emosi Bunda dapat mengganggu keinginan Bunda untuk menyusui.

Kelahiran yang traumatis atau C-section yang tidak diharapkan dapat menyebabkan kesedihan dan rasa gagal. Jika kelahiran tidak terjadi seperti yang Bunda bayangkan, Bunda mungkin juga merasa kehilangan. Ini adalah emosi yang umum, dan Bunda tidak sendirian. Bicarakan tentang perasaan Bunda dan terima dukungan. Dan perlu diingat bahwa menyusui bayi Bunda dapat membantu Bunda melewati kesulitan dan kesedihan.

 

pasca operasi caesar cepat kering(1)

Obat Nyeri Dapat Membuat Bayi Bunda Mengantuk: Sangat penting bahwa Bunda meminum obat pereda nyeri setelah menjalani operasi caesar.

Jika Bunda kesakitan, akan lebih sulit bagi tubuh Bunda untuk sembuh, dan Bunda akan lebih tidak nyaman saat menyusui. Beberapa obat aman dikonsumsi saat Bunda sedang menyusui, jadi pastikan untuk memberi tahu dokter bahwa Bunda akan menyusui anak Bunda. Dan, meskipun obat penghilang rasa sakit akan aman untuk bayi, beberapa dari itu mungkin melewati ASI. Mungkin membuat bayi Bunda mengantuk. Rasa kantuk yang disebabkan oleh obat nyeri tidak berbahaya bagi anak Bunda, tetapi itu bisa menjadi tantangan untuk menyusui bayi yang mengantuk.

Bagian Luka Pasca Operasi Caesar Dapat Menyebabkan Keterlambatan Produksi ASI: Jika Bunda memiliki operasi caesar, mungkin diperlukan waktu lebih lama untuk ASI Bunda dibandingkan jika Bunda melahirkan secara normal. Bunda akan ingin meletakkan bayi ke payudara sesegera mungkin dan menyusui sangat sering untuk merangsang produksi ASI. Jika Bunda dan anak Bunda terpisah setelah melahirkan, Bunda tidak akan memiliki kesempatan untuk mulai menyusui segera. Mintalah untuk menggunakan pompa payudara jika Bunda akan terpisah selama lebih dari 12 jam sehingga Bunda dapat mulai menstimulasi payudara untuk memproduksi susu. Pompa setiap dua hingga tiga jam sampai Bunda bisa meletakkan bayi ke payudara Bunda.

posisi menyusui asi pasca caesar
posisi menyusui asi pasca caesar

7 Tips memperlancar ASI pasca operasi caesar

Mungkin lebih sulit, tetapi Bunda pasti bisa menyusui setelah operasi caesar. Berikut ini tujuh tips untuk sukses.

  1. Mulai menyusui sesegera mungkin setelah operasi caesar Bunda. Jika Bunda memiliki anestesi epidural atau spinal, Bunda akan bangun sehingga Bunda dapat segera menyusui. Namun, jika perlu memiliki anestesi umum, pemulihan Bunda akan memakan waktu lebih lama. Jika Bunda tidak dapat segera menyusui, mintalah untuk memeluk bayi Bunda dari kulit ke kulit. Kemudian, letakkan bayi ke payudara secepat yang Bunda bisa dengan aman.
  2. Dapatkan bantuan memposisikan bayi Bunda. Tidak hanya akan memiliki sayatan perut untuk melindungi, tetapi Bunda harus berurusan dengan garis infus dan bahkan mungkin manset tekanan darah juga. Karena perawat dan konsultan laktasi rumah sakit bekerja dengan ibu yang telah memiliki bagian sepanjang waktu, mereka dapat menunjukkan kepada Bunda bahwa Bunda merasa nyaman karena tidak tahu.
  3. Menyusui sangat sering, setidaknya setiap satu sampai tiga jam. Meskipun Bunda mungkin lelah dan kesakitan, Bunda lebih mungkin berhasil jika Bunda menyusui lebih awal dan sering.
  4. Jaga bayi Bunda dengan Bunda sebanyak mungkin. Bunda tidak akan bisa bangun untuk merawat anak Bunda sendiri, tetapi jika Bunda memiliki pasangan, teman, atau kerabat tinggal bersama Bunda, Bunda harus dapat menjaga bayi Bunda di kamar Bunda.
  5. Gunakan pompa payudara jika Bunda tidak bisa bersama bayi Bunda. Pompa setiap dua hingga tiga jam untuk merangsang produksi ASI.
  6. Jangan takut untuk mengonsumsi obat pereda nyeri Bunda. Bunda akan lebih nyaman untuk menyusui. Ini juga dapat membantu Bunda rileks sehingga tubuh Bunda dapat berkonsentrasi pada penyembuhan dan mulai membuat ASI.
  7. Manfaatkan waktu ekstra di rumah sakit. Bunda akan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah sakit dibandingkan dengan seseorang yang melahirkan secara normal. Sementara Bunda membutuhkan waktu ini untuk beristirahat dan memulai penyembuhan, perawatan di rumah sakit yang lebih lama juga memungkinkan Bunda lebih banyak waktu dengan staf rumah sakit dan konsultan laktasi. Gunakan waktu ini untuk mengajukan pertanyaan dan pelajari semua yang Bunda bisa tentang menyusui anak Bunda sehingga Bunda akan merasa lebih nyaman dan percaya diri ketika Bunda tiba di rumah.
cara benar menyususi pasca caesar
cara benar menyususi pasca caesar

Operasi caesar menambah beberapa kendala umum untuk berhasil menyusui. Sangat mudah untuk kewalahan oleh rasa sakit dan kelelahan fisik dan emosional. Tapi, hanya karena itu sulit, bukan berarti itu tidak mungkin. Ini! Luangkan waktu Bunda, terima bantuan, atasi rasa sakit Bunda, cukup istirahat, dan mematuhinya. Menyusui akan lebih mudah saat Bunda sembuh. Jika Bunda siap dan berkomitmen, Bunda dapat mengatasi tantangan dan berhasil menyusui setelah operasi caesar Bunda.

Disamping Teknik untuk memperlancar asi pasca operasi caesar, kami kompilasi juga 7 makanan yang dapat memperlancar Asi PAsca operasi caesar.

Advertising Klik :

kapsul kutuk luka caesar
kapsul kutuk premium keringkan luka caesar

Inilah 7 makanan yang memperlancar ASI Pasca Operasi Caesar Secara Alami

  1. Pepaya

Pepaya, baik buahnya ataupun bunganya, mengandung vitamin A dan vitamin C, serta beberapa mineral penting misalnya kalium, asam folat, dan enzim papain. Enzim ini membantu pencernaan protein. Ibu menyusui membutuhkan banyak protein untuk memproduksi ASI. Selain itu, pepaya banyak mengandung cairan, sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan untuk memproduksi ASI.

Pepaya dapat dimakan langsung ketika ranum, ataupun dibuat sup bila masih mengkal. Banyak masakan yang dapat menggunakan pepaya mentah sebagai bahannya, misalnya sayur asam dan sup ikan dengan pepaya. Sup ini sudah sering digunakan sejak dulu sebagai makanan yang memperbanyak ASI.

  1. Daun Katuk

Daun katuk sudah lama dikenal sebagai makanan yang memperbanyak ASI, karena mengandung protein yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI.

Ibu menyusui membutuhkan protein sekitar 20 gram lebih banyak daripada biasanya. Dalam kondisi normal, wanita membutuhkan sekitar 40 gram protein setiap harinya. Jadi dalam kondisi menyusui, dibutuhkan sekitar 60 gram protein setiap hari.

sop pasca operasi caesar
sop pasca operasi caesar
  1. Sup daging / ayam / ikan

Sup juga merupakan salah satu makanan yang memperbanyak ASI. Kuah sup dapat menambah asupan cairan untuk tubuh, sedangkan daging/ayam/ikan dapat menambah protein bagi tubuh.

Selain itu, pada umumnya sup menggunakan berbagai macam sayuran, sehingga dapat memberi vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

  1. Havermouth (Oatmeal)

Selain berkhasiat untuk mengurangi kolesterol dan menjaga tekanan darah, havermouth juga salah satu makanan yang memperbanyak ASI.

Seorang wanita yang duduk memakan havermouth akan merasa relaks dan memicu hormon oxytocin. Hormon ini adalah hormon yang berpengaruh pada produksi ASI.

  1. Bayam

Bayam baik untuk menambah zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin B6 pada bayam dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Kandungan nutrisi lainnya pada bayam adalah vitamin A, C, E, K, protein, serta berbagai mineral seperti thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

Sama dengan sayuran berdaun hijau tua lainnya, bayam mengandung enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI.

Jadi selain bayam, tambahkan sayur-sayuran hijau lainnya ke dalam menu sehari-hari, agar terdapat variasi makanan yang memperbanyak ASI.

  1. Wortel

Wortel banyak mengandung vitamin A, beta karoten, serta enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI. Minum 1 gelas jus wortel sebelum makan siang dapat menambah produksi ASI pada sore hari.

  1. Air

Makanan apapun tidak akan banyak membantu jika tubuh kita kurang cairan. Minumlah 10-12 gelas air putih sehari, agar produksi ASI lancar.

kapsul-kutuk-premium

kapsul kutuk premium KLIK

 

 

 

 

2 thoughts on “7 Tips Cara Terbaik memperlancar ASI pasca operasi caesar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *